Bab 3. Sistem Komputer

0
SISTEM KOMPUTER






Sistem komputer adalah suatu jaringan elektronik yang terdiri dari perangkat lunak dan perangkat keras yang melakukan tugas tertentu (menerima input, memproses input, menyimpan perintah-perintah, dan menyediakan output dalam bentuk informasi). Selain itu dapat pula diartikan sebagai elemen-elemen yang terkait untuk menjalankan suatu aktivitas dengan menggunakan komputer.

Komputer dapat membantu manusia dalam pekerjaan sehari-harinya, pekerjaan itu seperti: pengolahan kata, pengolahan angka, dan pengolahan gambar.

Elemen dari sistem komputer terdiri dari manusianya (brainware), perangkat lunak (software), set instruksi (instruction set), dan perangkat keras (hardware). Dengan demikian komponen tersebut merupakan elemen yang terlibat dalam suatu sistem komputer.

PENGENALAN SISTEM KOMPUTER


Istilah Komputer (Computer) diambil dari bahasa latin Computare yang berarti menghitung ( to Computer ).


Beberapa definisi tentang komputer :


1.Menurut buku Computer Annual (Robert H.Blissmer)

Komputer adalah suatu alat elektronika yang mampu melakukan beberapa tugas sebagai berikut:

a.Menerima input

b.Memproses input tadi sesuai dengan programnya
c.Menyimpan perintah-perintah dan hasil dari pengolahan
dMenyediakan output dalam bentuk informasi

2.Menurut buku Computer Today (Donald H.Sanders) :

Komputer adalah sistem elektronik untuk memanipulasi data yang cepat dan tepat serta dirancang dan diorganisasikan supaya secara otomatis menerima dan menyimpan data input, memprosesnya dan menghasilkan output dibawah pengawasan suatu langkah-langkah instruksi-instruksi program yang tersimpan di memori (stored program).

3.Menurut buku Computer Organization (V.C.Hamacher, Z.G.Vranesic, S.G.Zaky)

Komputer adalah mesin penghitung elektronik yang cepat dapat menerima informasi input digital, memprosesnya sesuai dengan suatu program yang tersimpan di memorinya (stored program) dan menghasilkan output informasi.

4.Menurut buku Introduction To The Computer, The Tool Of Business (William M.Fuori)

Komputer adalah suatu pemroses data (data processor) yang dapat melakukan perhitungan yang besar dan cepat, termasuk perhitungan aritmatika yang besar atau operasi logika, tanpa campur tangan dari manusia mengoperasikan selama pemrosesan.

Dari beberapa definisi yang tersebut, dapat disimpulkan bahwa komputer adalah


1.Alat elektronik

2.Dapat menerima input data
3.Dapat mengolah data
4.Dapat memberikan informasi
5.Menggunakan suatu program yang tersimpan di memori komputer (stored program).
6.Dapat menyimpan program dan hasil pengolahan
7.Bekerja secara otomatis

Secara definisi komputer diterjemahkan sebagai sekumpulan alat elektronik yang saling bekerja sama, dapat menerima data (input), mengolah data (proses) dan memberikan informasi (output) serta terkoordinasi dibawah kontrol program yang tersimpan di memorinya. Jadi cara kerja komputer dapat kita gambarkan sebagai berikut :



-------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------


BAGIAN CENTRAL PROCESSING UNIT DAN FUNGSINYA


Setiap komputer pasti memiliki sebuah CPU untuk menjalankan kinerja suatu komputer itu sendiri. Tanpa CPU, sebuah komputer rasanya tidak dapat berjalan dengan lancar. Bahkan, tidak dapat berjalan sama sekali.

CPU (Central Processing Unit) adalah suatu induk atau pusat pemprosesan data dari perangkat komputer. Sementara di dalam unit CPU, terdapat beberapa komponen yang saling terhubung satu sama lain. Dan ini merupakan hal penting untuk dapat memproses suatu data dari perangkat komputer yang sudah disebutkan tadi.


Adapun komponen-komponen CPU komputer beserta fungsinya adalah sebagai berikut:

1. CASING CPU




Casing CPU biasanya terbuat dari plastik dan beberapa juga terbuat dari besi, stainless, dan lain sebagainya. Casing ini berguna untuk melindungi berbagai komponen-komponen yang terdapat dalam CPU, tentunya untuk lebih melindungi dari debu, panas, air, atau hal-hal lain yang dikhawatirkan akan mengganggu kinerja CPU itu sendiri.



Selain itu, Casing juga berfungsi sebagai tempat kita meletakkan dan memasang berbagai komponen seperti motherboard, power supply, optical disc drive, hard disk, dan masih banyak yang lainnya.

2. MOTHERBOARD



Motherboard ini merupakan sebuah papan sirkuit tempat berbagai komponen elektronik dan komputer lainnya dipasang dan bisa terhubung satu dengan yang lain. Adapun komponen-komponen yang menjadi bagian inti dalam motherboard ini adalah processor, sound card, video card, hard disk, dan lain sebagainya.

Motherboard juga berfungsi sebagai media penghubung untuk setiap komponen komputer agar dapat saling berkomunikasi dengan komponen komputer lainnya.

Selain itu, setiap motherboard memiliki acuan spesifikasi yang berbeda-beda. Misalnya, spesifikasi processor seperti apa yang dapat tertanam dan didukung motherboard itu. Dan seberapa besar kapasitas maksimal RAM yang didukung oleh Motherboard tersebut.



Hal ini mengartikan bahwa tidak semua motherboard CPU itu sama. Serta tidak dapat sembarangan juga memasang setiap komponen di motherboard CPU. Sebab, apabila tidak didukung, kemungkinan komponen tersebut tidak akan terbaca dalam perangkat komputer anda.

3. PROCESSOR




Processor salah satu komponen inti yang terdapat dalam CPU komputer. Sebab, jika tidak ada processor, kemungkinan perangkat komputer tidak dapat bekerja sama sekali. Oleh sebab itu, banyak yang menyebutkan bahwa processor adalah otak dari komputer. Semua proses maupun perintah akan dikerjakan pada processor meskipun masih dengan bantuan komponen-komponen lainnya. Maka demikian, semakin tinggi kecepatan suatu processor, maka semakin cepat pula komputer dalam memproses berbagai macam data.

Namun perlu diingat, performa tersebut juga sangat bergantung dengan bantuan RAM dan Hardisk yang besar.

3. FAN HEATSINK / KIPAS PROCESSOR




Komponen yang satu ini merupakan sebuah perangkat yang dipekerjakan untuk membantu kinerja suatu processor. Kipas Processor berfungsi sebagai pendingin dan menjaga agar suhu processor tetap dingin dan stabil. Hal ini bertujuan agar perangkat processor komputer kita tidak cepat overhead maupun rusak.

4. RANDOM ACCESS MEMORY (RAM)





RAM (Random Access Memory) merupakan salah satu komponen yang terdapat pada bagian unit CPU. RAM juga memiliki kedudukan yang penting bagi perangkat komputer. Pasalnya, komponen yang satu ini bekerja sebagai tempat menampung data sementara yang telah diproses processor sebelum dilanjutkan kepada komponen-komponen lain.

RAM juga dapat diganti dengan ukuran kapasitas yang lebih besar ataupun kecil, namun hal ini juga harus menurut maksimal RAM yang terdukung di motherboard anda. Sebesar apapun kapasitas memori RAM anda, tapi jika hal itu tidak didukung oleh motherboard, maka bisa dipastikan hal tersebut tidak dapat terbaca oleh suatu perangkat komputer.

Terlepas dari itu, satuan RAM biasanya menggunakan perhitungan byte. Dan kapasitas RAM yang beredar di pasaran biasanya berkapasitas seperti berikut:

256 MB, 512 MB, 1 GB, 2 GB, 4 GB, 8 GB, 16GB, 32GB dan lain-lain


Jenis memori yang masih diproduksi saat ini adalah :


DDR-1

DDR-2

DDR-3
DDR-4

5. HARDDISK (HDD)




Layaknya seperti sebuah SD Card dalam smartphone, Hardisk juga berfungsi untuk menyimpan berbagai data dan juga menyimpan berbagai sistem operasi dari suatu perangkat komputer itu sendiri. Hardisk biasanya menggunakan perhitungan byte. Dan semakin besar kapasitas hardisk, maka semakin banyak pula data-data konvensional yang dapat anda simpan.

Ukuran kapasitas Hardisk yang beredar dipasaran biasanya bervariasi, mulai dari 250 GB, 500 GB, 1 TB, 3TB, 6TB hingga 10 TB.

7. CD/DVD ROM





CD/DVD ROM atau juga yang bisa disebut dengan optical disk drive ini adalah piranti yang dapat digunakan untuk menulis dan membaca kaset atau kepingan CD/DVD. Selain itu, CD/DVD ROM juga dapat digunakan untuk mem-burning atau meng-copy CD dengan menggunakan berbagai software seperti Nero, Infra Recorder, dan sebagainya.



Telepas dari itu, adapun format yang termasuk kedalam CD/DVD ROM adalah CD-ROM drive, CD-RW drive, DVD-ROM drive, DVD-RW drive, BLUERAY Drive/ROM.

8. VIDEO GRAPHIC ADAPTER (VGA)





Selain VGA yang sudah terintegrasi dengan motherboard (VGA Internal) , VGA (Video Graphic Adapter) merupakan salah satu komponen yang dirasa sangat penting untuk sebuah perangkat komputer. Sebab, komponen yang satu ini berfungsi sebagai pengolah data grafis sebelum ditampilkan ke monitor. Tanpa VGA Kecuali yang sudah terintegrasi VGA Internal, maka layar komputer bisa dipastikan tidak menampilkan apa-apa, alias blank.



Selain hal itu, VGA juga sangat penting untuk menentukan kualitas gambar yang ditampilan pada monitor komputer.

9. SOUND CARD





Piranti yang satu ini lebih berfungsi sebagai pengolah audio untuk perangkat komputer anda. Sound card juga berfungsi sebagai prosesor audio, yang mana dapat mengubah sinyal analog atau sinyal digital yang masuk ke dalam input kartu dan menghasilkan audio atau suara pada sistem komputer anda.



Sound Card serta memiliki fungsi untuk mengontrol semua audio yang terdapat pada perangkat komputer. Tanpa perangkat ini, maka bisa dipastikan komputer anda tidak akan bersuara.

10. POWER SUPPLY





Komponen terakhir yang akan kita bahas adalah Power Supply, merupakan bagian dari sistem komputer dan unit CPU yang berfungsi sebagai pembagi daya (sumber arus listrik) pada setiap komponen-komponen komputer. Selain itu, Power Supply juga berfungsi merubah tegangan DC menjadi AC sebelum dialirkan ke setiap komponen-komponen komputer itu sendiri.

Power Supply memiliki tegangan daya yang berbeda-beda ada dari 300 watt, 380 watt, 400 watt, 450 watt, 500 watt, 600 watt, dan sebagainya.

-------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------


PERBEDAAN BAHASA PEMROGRAMAN TINGKAT TINGGI DAN RENDAH



PENGERTIAN BAHASA PEMROGRAMAN

Bahasa Pemrograman (programming language) adalah sebuah instruksi standar untuk memerintah komputer agar menjalankan fungsi tertentu. Bahasa pemrograman ini merupakan suatu himpunan dari aturan sintaks dan semantik yang dipakai untuk mendefinisikan program komputer. Bahasa ini memungkinkan seorang programmer dapat menentukan secara persis data mana yang akan diolah oleh komputer, bagaimana data ini akan disimpan/diteruskan, dan jenis langkah apa secara persis yang akan diambil dalam berbagai situasi.

BAHASA PEMROGRAMAN TINGKAT TINGGI



Merupakan bahasa yang mempunyai ciri lebih terstruktur, mudah dimengerti karena menggunakan bahasa sehari-hari, biasanya digunakan untuk pemrograman pada internet. 

BAHASA PEMROGRAMAN TINGKAT RENDAH



Bahasa pemrograman jenis ini sangat sulit dimengerti karena instruksinya menggunakan bahasa mesin. Biasanya yang mengerti hanyalah pembuatnya saja karena isinya programnya berupa kode-kode mesin.

CONTOH BAHASA PEMROGRAMAN



Bahasa pemrograman, atau sering diistilahkan juga dengan bahasa komputer atau bahasa pemrograman komputer, adalah instruksi standar untuk memerintah komputer. Bahasa pemrograman ini merupakan suatu himpunan dari aturan sintaks dan semantik yang dipakai untuk mendefinisikan program komputer. Bahasa ini memungkinkan seorang programmer dapat menentukan secara persis data mana yang akan diolah oleh komputer, bagaimana data ini akan disimpan/diteruskan, dan jenis langkah apa secara persis yang akan diambil dalam berbagai situasi.

Menurut tingkat kedekatannya dengan mesin komputer, bahasa pemrograman terdiri dari:

1. Bahasa Mesin, yaitu memberikan perintah kepada komputer dengan memakai kode bahasa biner, 
contohnya 01100101100110.

2. Bahasa Tingkat Rendah, atau dikenal dengan istilah bahasa rakitan (bah.Inggris Assembly), yaitu memberikan perintah kepada komputer dengan memakai kode-kode singkat (kode mnemonic), contohnya kode_mesin|MOV, SUB, CMP, JMP, JGE, JL, LOOP, dsb. (Contohnya bahasa Assembly)

3. Bahasa Tingkat Menengah, yaitu bahasa komputer yang memakai campuran instruksi dalam kata-kata bahasa manusia (lihat contoh Bahasa Tingkat Tinggi di bawah) dan instruksi yang bersifat simbolik, contohnya {, }, ?, <<, >>, &&, ||, dsb. (Contohnya bahasa C.)

4. Bahasa Tingkat Tinggi, yaitu bahasa komputer yang memakai instruksi berasal dari unsur kata-kata bahasa manusia, contohnya begin, end, if, for, while, and, or, dsb. Komputer dapat mengerti bahasa manusia itu diperlukan program compiler atau interpreter. (Contohnya bahasa Basic, Visual Basic, Pascal, Java, PHP.)



Sebagian besar bahasa pemrograman digolongkan sebagai Bahasa Tingkat Tinggi, hanya bahasa C yang digolongkan sebagai Bahasa Tingkat Menengah dan Assembly yang merupakan Bahasa Tingkat Rendah.

FUNGSI BAHASA PEMROGRAMAN



Fungsi bahasa pemrograman yaitu memerintah komputer untuk mengolah data sesuai dengan alur berpikir yang kita inginkan. Keluaran dari bahasa pemrograman tersebut berupa program/aplikasi. Contohnya adalah program yang digunakan oleh kasir di mal-mal atau swalayan, penggunaan lampu lalu lintas di jalan raya, dll.

Bahasa Pemrograman yang kita kenal ada banyak sekali di belahan dunia, tentang ilmu komputer dan teknologi dewasa ini. Perkembangannya mengikuti tingginya inovasi yang dilakukan dalam dunia teknologi. Contoh bahasa pemrograman yang kita kenal antara lain adalah untuk membuat aplikasi game, antivirus, web, dan teknologi lainnya.


Bahasa pemrograman komputer yang kita kenal antara lain adalah Java, Visual Basic, C++, C, Cobol, PHP, .Net, dan ratusan bahasa lainnya. Namun tentu saja kebutuhan bahasa ini harus disesuaikan dengan fungsi dan perangkat yang menggunakannya.

Secara umum bahasa pemrograman terbagi menjadi 4 kelompok, yaitu :

1. Object Oriented Language (Visual dBase, Visual FoxPro, Delphi, Visual C)

2. High Level Language (seperti Pascal dan Basic)
3. Middle Level Language (seperti bahasa C), dan

4. Low Level Language (seperti bahasa Assembly)

-------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------



PERSONIL/KOMPONEN YANG TERLIBAT SISTEM KOMPUTER

1. HARDWARE

Hardware yang dalam Bahasa Indonesianya “Perangkat Keras” adalah salah satu komponen dari sebuah komputer yang sifat alat nya bisa dilihat dan diraba secara langsung atau yang berbentuk nyata, yang berfungsi untuk mendukung proses komputerisasi. contohnya Harddisk, VGA, RAM, Processor dll.

Perangkat Hardware terdiri atas 3 jenis, yaitu:

A.Perangkat masukan (Input device) Perangkat masukan berfungsi untuk memasukkan data, baik berupa teks, foto, maupun gambar ke dalam komputer. Contoh perangkat input misalnya keyboard, mouse, light-pen, scanner, dan sebagainya.

B.Perangkat keluaran (Output device) perangkat keluaran dipergunakan untuk menampung dan menghasilkan data yang dikeluarkan, misalnya monitor dan printer.

C.Perangkat pengolah data (Processor) Perangkat pengolah data dipergunakan untuk mengolah data. 
Pengolah data meliputi unit pengolah pusat (CPU/Central Processing Unit) dan juga mikroprosesor.

Penjelasan Lebih Lanjut (HARDWARE)

1.Peralatan Input/masukan ( Input Device)
Merupakan komponen  perangkat / alat yang berfungsi sebagai media masukan. Sebagai contoh : keyboard, mouse, joystick, dan lain-lain

2.Peralatan Output/keluaran (Output Device)

Merupakan komponen perangkat / alat yang berfungsi sebagai media keluaran. Bentuk keluaran ini bisa berbentuk sfotcopy (ke layar) atau hardcopy (ke kertas). Contoh media keluaran ini adalah monitor (CRT,LCD), printer, speaker, ploter, dan lain sebagainya.

3.Port I/O

Port atau gerbang input output adalah media peghubung dengan peralatan masukan atau keluaran dibawah kendali processor. Port I/O terdiri dari beberapa jenis :

a.Port Paralel ( LPT1 atau LPT2) merupakan untuk peralatan yang bekerja dengan cara transmisi paralel contohnya printer


b.Port Serial (COM1 atau COM2) merupakan port untuk peralatan yang berkerja dengan cara transmisi serial contohnya mouse, modem


c.Port AT /  Port PS2 yang biasa untuk mouse, keyboard


d.USB (Universal Serial Bus) merupakan untuk peralatan yang berkerja secara serial (pengembangan dari serial port) contoh camera digital, printer, scaner


e.Fire Wire (IEEE 1394) port untuk transmisi data yang besar  hingga 400 Mbps (megabit/s) contoh handycam.


f.Port VGA sebagai penghubung dengan monitor


g.Port audio sebagai penghubung dengan peralatan audio,contoh speaker, mikropon.


4.ALU ( Arithmatic Logical Unit )

Merupakan piranti  pada processor yang bertugas sebagai pengolah yang bersifat aritmatik (pengurangan, penjumlahan, pengalian, pembagian, pangkat dan sebagainya yang bersifat menghitung) serta pengolahan yang bersifat logika (AND, OR, dan sebagainya)

5.CU (Control Unit)

Merupakan piranti pada processor yang bertugas sebagai pengontrol semua aktifitas yang dilakukan oleh komputer. Processor ini yang terdiri dari (ALU dan CU) merupakan komponen utama yang bertindak sebagai otak komputer. Satuan kecepatan processor adalah Hz mulai KHz (kilo Hertz), MHz (Mega Hertz), GHz (Giga Hertz) semakin besar ini maka semakin cepat aktifitas proses pada suatu komputer.


6.Memory : media penyimpan untuk menyimpan data dan program.
Pada dasarnya memori atau media penyimpanan pada dasarnya dibedakan atas penyimpanan di dalam (internal memory) dan penyimpanan di luar (eksternal memory).

Eksternal memory secara fisik merupakan memori pendukung sebagai penyimpan data atau program bersifat tidak mutlak pada sistem mikro komputer.
Sebagai contoh memori ini adalah : Disket, Hard Disk, Compact Disk (CD), Digital Versatile Disk (DVD), Blue Ray.

Pada internal memory yang secara fisik letaknya di dalam merupakan memory yang secara mutlak harus ada sebagai penunjang sistem mikro komputer.
Memory internal /utama ini secara fisik terbagi atas RAM (Random Access Memory) dan ROM (Read Only Memory).

Berdasarkan kecepatan aksesnya memori dibedakan atas memori dengan kecepatan rendah dan tinggi yang digambarkan dalam hirarki sebagai berikut :


Tercepat : - Register Memory

                 - Cache Memory
Terlambat : - Main Memory
                   - Secondary Memory

Semakin besar/tinggi frekuensi pengaksesan maka semakin mahal pula harga memory ini.


a.Register Memory merupakan memori yang aksesnya paling cepat,letaknya di dalam pocessor.



b.Cache Memory merupakan memory yang kapasitasnya terbatas yang letaknya diantara memori 
utama dan register pemroses dengan tujuan proses pada komputer tidak langsung mengacu pada memori utama sehingga kinerja dapat ditingkatkan. Chace memory ini biasanya harganya mahal yang ditunjukkan lewat L1, L2 Chace memori dimana semakin tinggi semakin mahal karena semakin cepat prosenya


c.Main Memory atau memori utama terbagi atas ROM dan RAM.
ROM adalah memory yang hanya bisa dibaca letaknya di BIOS (Basic Input Output System) yang terletak pada motherboard.Sedangkan RAM adalah memori yang bersifat semetara sehingga pada saat tidak ada aliran listrik maka data atau sistem yang tersimpan akan hilang. ROM dan RAM ini macamnya sangat beragam jenis dan kapasitasnya.


d.Memory Sekunder merupakan memori tambahan yang termasuk dalam memori eksternal misalnya HD, CD, DVD,dll



2. SOFTWARE



Software sendiri juga dikenal sebagai perangkat lunak. Disebut perangkat lunak karena tidak seperti hardware, software tidak memiliki bentuk fisik. Bisa dikatakan software adalah perangkat yang berisi perintah atau intruksi yang bisa dipahami komputer.

Software dapat dibedakan menjadi beberapa macam jenis kategori, misalnya seperti:


   1. Operating System (SYSTEM OPERASI)
Sistem Operasi komputer merupakan program dasar komputer yang berfungsi untuk menghubungkan pengguna dengan hardware. Bisa juga dikatakan sistem operasi adalah perangkat lunak yang memiliki tugas untuk melakukan kontrol perangkat keras yang memungkinkan terjadinya interaksi antara perangkat keras dengan jenis software yang lain. Contoh sistem operasi komputer misalnya:

 1. Microsoft Windows

 2. Linux
 3. Mac OS

   2. Program Aplikasi (Application program)

Program aplikasi adalah kategori software yang dipakai untuk membantu pekerjaan pengguna komputer untuk mengolah berbagai macam data. Perangkat lunak umumnya dinstall sesuai dengan kebutuhan pengguna komputer tersebut. Contoh adalah

 1. Microsoft Excel

 2. Microsoft Word
 3. Microsoft Access
 4. Photo Shop
 5. Web browser
 6. Game dan masih banyak yang lain

   3. Utility Program (Program Tambahan)

Utility Program atau software adalah software yang mempunyai fungsi untuk menjaga dan melindungi sistem komputer tetapi tidak berhadapan langsung dengan hardware. Contohnya antara lain:

 1. Data recovery,

 2. Disk Defragmenter
 3. Sceensever
 4. Backup
 5. anti-virus dan lain-lain.

   4. Language Program (Bahasa Pemrograman)

Language Program adalah bahasa yang dipakai oleh pengguna komputer untuk berkomunikasi dengan komputer, bisa juga dikatakan sebagai standar bahasa instruksi untuk berkomunikasi dan memberikan perintah pada komputer. Contoh bahasa pemrograman antara lain PHP, Java, Python dan lain-lain. Akhirnya, lengkap sudah apa yang bisa saya jelaskan mengenai sistem komputer. Jika dilihat dari komponen penyusunnya, maka yang membedakan sistem komputer dengan komputer adalah user atau Brainware.

Jadi pada sistem komputer, kita sebagai pengguna masuk ke dalam sistem. Tanpa adanya perintah yang diberikan oleh pengguna, sistem komputer tidak akan bisa berjalan.


3. BRAINWARE


Brainware merupakan personil-personil yang terlibat langsung dalam pemakaian komputer, seperti Sistem analis, programmer, operator, user, dll. Pada organisasi yang cukup besar, masalah komputerisasi biasanya ditangani oleh bagian khusus yang dikenal dengan bagian EDP (Electronic Data Processing), atau sering disebut dengan EDP Departemen, yang dikepalai oleh seorang Manager EDP.



Brainware atau bisa kita sebut perangkat otak juga adalah manusia atau pengguna komputer itu sendiri. Brainware bisa pula disebut sebagai user. Jadi, ketika kamu menggunakan sebuah komputer maka sebenarnya kamu yang menjadi pengguna komputer itu sendiri juga menjadai bagian dari sistem komputer tersebut. Saat kamu mengetiki di Microsoft word, atau mungkin bermain game misalnya, maka kamu menjadi brainware dari komputer tersebut. Maka dari itu, brainware secara sederhana bisa kita sebut sebagai pengguna komputer tersebut. Keberadaan brainware menjadi sangat penting karena tentu saja komputer tidak mungkin berjalan sendiri tanpa dioprasikan oleh pengguna.

-------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------


PAKET APLIKASI


Paket perangkat lunak atau paket aplikasi adalah kumpulan program komputer, biasanya berupa aplikasi atau perangkat lunak pemrograman, yang memiliki fungsi yang berhubungan. Perangkat lunak-perangkat lunak ini umumnya memiliki antar muka pengguna yang kurang lebih sama dan juga dapat saling bertukar data antar mereka. Paket ini biasanya dijual dengan harga yang lebih murah dibandingkan jumlah harga masing-masing komponennya.


Contoh Paket Aplikasi :


A.Paket aplikasi perkantoran (Inggris: office suite) adalah sebuah paket perangkat lunak yang diperuntukkan khusus untuk pekerjaan di kantor. Komponen-komponennya umumnya didistribusikan bersamaan, memiliki antarmuka pengguna yang konsisten dan dapat berinteraksi satu sama lain. Kebanyakan aplikasi paket perkantoran terdiri dari sedikitnya sebuah pengolah kata dan sebuah lembar kerja. Sebagai tambahan, paket dapat terdiri dari sebuah aplikasi presentasi, peralatan basis data, paket grafis dan peralatan komunikasi. Sebuah paket perkantoran juga dapat memiliki sebuah klien surat elektronik dan manejer informasi pribadi atau paket groupware.

B.Paket Aplikasi Internet / Internet Suite adalah sebuah perangkat lunak yangberhubungan dengan internet. Umumnya "internet suite" merupakan gabungan web browser, e-mail client (dilengkapi news client dan address book), download manager, HTML editor, dan IRC client.


C.Paket Aplikasi Grafis untuk mendesain dan mengolah gambar atau foto. Contohnya aplikasi CorelDraw, GIMP, dan Photoshop.

Posting Komentar

0Komentar
Posting Komentar (0)