Bab 1. Mengenal Sistem Komputer

0



Penggunaan Komputer saat ini semakin meningkat. Berbagai kegiatan sekarang kerap kali menggunakan komputer. Lalu, apa itu Sistem Komputer?

Pengertian Sistem Komputer
Sistem komputer adalah suatu jaringan elektronik yang terdiri dari perangkat lunak dan perangkat keras yang melakukan tugas tertentu seperti menerima input, memproses input, menyimpan perintah-perintah, dan menyediakan output dalam bentuk informasi. Selain itu dapat pula diartikan sebagai elemen-elemen yang terkait untuk menjalankan suatu aktivitas dengan menggunakan komputer.

Komputer dapat membantu manusia dalam pekerjaan sehari-harinya, pekerjaan itu seperti: pengolahan kata, pengolahan angka, dan pengolahan gambar.

Komponen Sistem Komputer
Elemen atau komponen dari sistem komputer terdiri dari manusia (brainware), perangkat lunak (software), set instruksi (instruction set), dan perangkat keras (hardware). Dengan demikian komponen tersebut merupakan elemen yang terlibat dalam suatu sistem komputer.

Pengertian dan Komponen dari Sistem Komputer

A. Hardware
Hardware adalah perangkat keras komputer yang terdiri dari 3 unit utama yaitu Input Unit, Processing Unit dan Output Unit.

1. Input Unit
Input Unit merupakan bagian dari perangkat keras yang berfungsi sebagai alat untuk memasukan data dan lain sebagainya ke dalam komputer. Perangkat yang termasuk ke dalam input unit diantaranya adalah sebagai berikut.
  • Keyboard 
  • Mouse 
  • Camera digital 
  • Scanner 
  • Web Camera 
  • Joystik 
  • Microphone 

2. Processing Unit
Processing unit biasa juga di sebut CPU (Central Processing Unit) yang merupakan jantung dari komputer. Bagian ini melakukan pekerjaan utama seperti proses, perhitungan, logika, kontrol,pengaturan hubungan kinerja natar komponen serta mengalokasikan tempat sementara maupun permanen.

3. Output Unit
Output unit merupakan perangkat keras yang berfungsi untuk menyajikan output dari proses yang sedang bekerja pada komputer. device yang termasuk ke dalam output unit ini adalah diantaranya adalah sebagai berikut.
  • Monitor
  • Printer
  • Projector
  • speaker

B. Software
Software atau perangkat lunak berfungsi sebagai pengatur kerja komponen dan semua instruksi yang mengarah pada sistem komputer. Perangkat lunak menjembatani interaksi user dengan komputer yang hanya memahami bahasa mesin. Secara Umum perangkat lunak dibagi menjadi menjadi 2 yaitu:
  1. Operating System
  2. Application  System

C. Brainware
Brainware Adalah orang-orang yang bekerja secara langsung dengan menggunakan komputer sebagai alat bantu, ataupun orang-orang yang tidak bekerja secara langsung menggunakan komputer, tetapi menerima hasil kerja dari komputer yang berbentuk laporan.




Posting Komentar

0Komentar
Posting Komentar (0)