Bab 5. Organisasi Disk & Manajemen File

0

Definisi Organisasi Disk

Organisasi Disk Adalah Media Penyimpanan yang bersifat permanent yang mampu menyimpan informasi dan data

1. Hierarki

Hierarki adalah urutan atau aturan dari tingkatan abstraksi menjadi seperti struktur pohon. Hierarki membentuk sesuatu pada beberapa aturan yang khusus atau berdasarkan peringkat (misalnya kompleksitas dan tanggung jawabnya). Konsep pewarisan (inheritance) merupakan prinsip hierarki ini, dimana metode dan / atau atribut yang ditentukan dalamsebuah objek kelas dapat diwariskan atau digunakan lagi oleh objek kelas lain di bawahnya.Satu sistem dapat mempunyai abstraksi hierarki yang banyak, contohnya : aplikasi financial,kita dapat mempunyai tipe-tipe pelanggan dan simpanan yang berbeda-beda. 

 1.1. FILE
File adalah kumpulan berbagai informasi yang berhubungan dan juga tersimpan di dalam secondary storage, secara konsep file memiliki beberapa tipe ada yang bertipe Data terdiri dari numeric, character dan binary. Lalu ada juga file yang bertipe program. Atau Definisi file adalah arsip ataupun data yang tersimpan di dalam komputer. File di komputer pada umumnya disimpan di dalam suatu folder tertentu tergantung si pemilik komputer tersebut ingin dimana ia menyimpannya, setiap file memiliki ekstensi masing-masing ergantung jenis file itu sendiri. Ekstensi file adalah sebagai tanda yang membedakan jenis-jenis dari file.

Contoh dan jenis file serta ekstensinya

Berikut ini contoh jenis file dan macam-macam ekstensinya:

·       System= sys, com, bak, bat, tmp, dan exe.

·       Video= avi, KV, mpg, mpeg, wmv, 3gp, dan flv.

·       Dokumen= html, doc, odt, xls, ods, dan pdf.

·       Suara= wav, rm, mp3, dan midi.

·       Gambar= jpeg, jpg, gif, png tif dan tiff.

·       Dan lain-lain.

 1.2. RECORD
Record adalah kumpulan field yang sangat lengkap, dan biasanya dihitung dalam satuan baris. Tabel adalah merupakan kumpulan dari beberapa record dan juga field. File adalah terdiri dari record-record yang menggambarkan dari satu kesatuan data yang sejenis. Misalnya seperti file nama barang berisikan data tentang semua nama barang yang ada. Data adalah kumpulan fakta atau kejadian yang digunakan sebagai penyelesaian masalah dalam bentuk informasi. Pengertian basis data (database) adalah basis data yang terdiri dari dua kata, yaitu kata basis dan data. Basis dapat di artikan markas ataupun gudang, maupun tempat berkumpul.

 1.3. FIELD
Field adalah kumpulan dari karakter yang membentuk satu arti, maka jika terdapat field misalnya seperti NomerBarang atau NamaBarang, maka yang dipaparkan dalam field tersebut harus yang berkaitan dengan nomer barang dan nama barang. Atau definisi field yang lainnya yaitu tempat atau kolom yang terdapat dalam suatu table untuk mengisikan nama-nama (data) field yang akan di isikan.

 1.4. BYTE
Byte adalah bagian terkecil yang dapat dialamatkan dalam memori. Byte merupakan sekumpulan bit yang secara konvensional terdiri atas kombinasi delapan bit. Satu byte digunakan untuk mengkodekan satu buah karakter dalam memori. Contoh: Kode Ascii untuk J ialah 10101010. Jadi byte adalah kumpulan bit yang membentuk satu karakter (huruf, angka, atau tanda). Dengan kombinasi 8 bit, dapat diperoleh 256 karakter (= 2 pangkat 8). 


 1.5. BIT
Bit adalah suatu sistem angka biner yang terdiri atas dua macam nilai saja, yaitu 0 dan 1. Sistem angka biner merupakan dasar dasar yang dapat digunakan untuk komunikasi antara manusia dan mesin (komputer) yang merupakan sekumpulan komponen elektronik dan hanya dapat membedakan dua keadaan saja (on dan off). Jadi bit adalah unit terkecil dari pembentuk data. 

Definisi Manajemen File

Manajemen file adalah metode dan struktur data yag digunakan sistem operasi untuk mengatur dan mengorganisir file pada disk atau partisi (bagian-bagian memori). Sistem file berfungsi untuk menyimpan file-file tertentu. Cara memasukkan sistem file ke disk atau partisi adalah dengan cara di format.

1. Manfaat Manajemen File

Mengurangi resiko kehilangan file yang disebabkan oleh :

 -Terhapus
 -Tertimpa File Baru
 -Tersimpan Dimana Saja

2. Sasaran Manajemen File

 -Memenuhi kebutuhan manajemen data pemakai
 -Menjamin data pada file adalah valid
 -Optimasi kerja
 -Menyediakan penunjang masukan/keluaran beragam tipe perangkat penyimpanan
 -Meminimalkan potensi kehilangan atau kerusakan data.
 -Menyediakan sekumpulan rutin interface masukan/keluaran
 -Menyediakan dukungan masukan/keluaran pemakai di sitem multiuser.

3. Fungsi Manajemen File

 -Penciptaan, modifikasi, dan penghapusan file
 -Mekanisme pemakaian file bersamaan
 -Kemampuan backup dan recovery
 -Informasi tersimpan aman dan rahasia
 -Meneyediakan interface user-friendly

Tingkatan Data dari yang paling rendah

1. Character

digunakan untuk mengkodekan satu buah karakter dalam memori. Contoh: huruf, angka, tanda.

2. Field

Field/kolom merupakan sekumpulan karakter yang mempunyai makna. Contoh: nama orang, nim mahasiswa, etc.

3. Record

Record merupakan kumpulan item yang secara logic saling berhubungan. Setiap record dapat dikenali oleh sesuatu yang mengenalinya, yaitu field kunci.

4. File

File atau tabel merupakan kumpulan record yang sejenis dan secara logic berhubungan. Pembuatan dan pemeliharaan file adalah faktor yang sangat penting dalam sistem informasi manajemen yang memakai komputer. Jadi tabel ibarat kumpulan baris/record yang membentuk satu tabel yang berarti.

5. Database

Database merupakan kumpulan file-file yang berhubungan secara logis dan digunakan secara rutin pada operasi-operasi sistem informasi manajemen. Semua database umumnya berisi elemen-elemen data yang disusun ke dalam file-file yang diorganisasikan berdasarkan sebuah skema atau struktur tertentu, tersimpan di hardware komputer dan dengan software untuk melakukan manipulasi data untuk kegunaan tertentu. Jadi, suatu database menunjukkan suatu kumpulan tabel yang dipakai dalam suatu lingkup perusahaan atau instansi untuk tujuan tertentu. Contohnya suatu database akademik yang berisi file-file mahasiswa, dosen, kurikulum, dan jadwal yang diperlukan untuk mendukung operasi sistim informasi akademik.

Perintah/Command Prompt Dalam OS DOS

1.MD   (Make Directory)            :Membuat direktori
   Perintah                                  :MD\nama direktori
                                                   C:>MD\UMC
2.CD  (Change Directory)          :Pindah direktori
   Perintahnya                            :CD\nama direktori
                                                   C:>CD\UMC
                                                   C:>UMC
3.RD   (Remove Directory)        :Menghapus direktori
   Perintahnya:                            RD\nama direktori
                                                   C:>RD\UMC
Syarat Untuk Menghapus direktori :
1.Tidak ada file didalamnya
2.Tidak ada subdirektori didalamnya
3.Menghapus subdirektori yang paling bawah terlebih dahulu

Posting Komentar

0Komentar
Posting Komentar (0)